Menkeu: Kondisi Ekonomi dan Fiskal Indonesia Sehat dan Prudent - Infrastuktur Indonesia

- Senin, April 16, 2018

Jakarta – Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyatakan bahwa ekonomi Indonesia menunjukkan pemulihan ekonomi dan performa yang baik setelah mengalami krisis ekonomi yang buruk sekitar tahun 1997-1998.

“Dibanding beberapa negara-negara lain, kondisi ekonomi dan fiskal Indonesia saat ini sehat dan prudent (hati-hati, ketat dan disiplin),” ujar Menkeu di depan para jurnalis internasional yang tergabung pada The Jakarta Foreign Correspondents Club (JFCC) di Hotel Arya Duta, Jakarta, pada Kamis (12/04/2018).

20 tahun yang lalu Indonesia mengalami krisis paling parah, ketika terjadi krisis keuangan di Asia. “Indonesia mengalami dua hal, yaitu kontraksi ekonomi dan biaya yang harus ditanggung untuk bail out bank-bank yang kolaps,” papar Menkeu. Saat ini, lanjutnya, Indonesia mulai berada dalam situasi pemulihan ekonomi.

Ia kemudian memberikan beberapa indikator pemulihan ekonomi Indonesia yang stabil selama 20 tahun terakhir, dari sisi pertumbuhan ekonomi menunjukkan trend peningkatan, tingkat inflasi relatif terkendali, dan tingkat kemiskinan menunjukkan kecenderungan menurun dibandingkan negara-negara lain.

“Sejak krisis ekonomi, Pemerintah dari sisi fiskal telah menerapkan aturan pengelolaan fiskal yang prudent, yaitu pembatasan defisit APBN sampai maksimal 3% dan rasio hutang terhadap PDB (Produk Domestik Bruto), tidak boleh melebihi 60%,” ungkap Sri Mulyani.

Bahkan, dibandingkan dengan negara-negara lain di Eropa dan Amerika Latin yang juga menerapkan sistem fiskal yang prudent, Indonesia menunjukkan performa yang lebih baik. Hal ini karena Indonesia secara disiplin menerapkan indikator yang telah disusun tersebut, sedangkan negara-negara lain seringkali melampaui indikator kesehatan fiskal yang telah disusunnya sendiri.

“Mungkin bagi Anda yang berasal dari Eropa dan Amerika Latin, sistem serupa juga diterapkan. Namun hal ini berbeda, karena kami menerapkan kebijakan tersebut (secara ketat dan disiplin). Sedangkan, negara-negara lain secara terus-menerus melanggar sistem fiskal prudent tersebut,” pungkasnya.

The post Menkeu: Kondisi Ekonomi dan Fiskal Indonesia Sehat dan Prudent appeared first on IndonesiaDev.



from IndonesiaDev https://ift.tt/2qzzr98
PRESIDEN JOKOWI - JOKOWI PRESIDENKU #JOKOWIPRESIDENKU #JOKOWIPRESIDENKU - Pilpres 2019 Siap Coblos Jokowi - Indonesia Hebat Ditangan Presiden Jokowi - Indonesia Maju Ditangan Jokowi - Jokowi Dua Periode - Gema Presiden - Info Presiden Jokowi - Ramalan Jayabaya Presiden Jokowi Dan Ahok Akan Pimpin Indonesia ?? - Siap Siap Hadapi Pilpres Jokowi Pengatur Strategi - Relawan Jokowi Siap Gaungkan Nama Presiden - Presiden Jokowi Sampai Pelosok !! - Presiden Hebat Jokowi - Presiden Jokowi Super - Presiden Jokowi For R1 - Jokowi Presidenku - Mengapa Pilih Jokowi - Jokowi Saja - Presiden Hebat Indonesia Presiden Ke 7 Indonesia Siap 2 Periode - Ditangan Jokowi Indonesia Hebat - Siapkah Kamu Pilih Jokowi ?? Mengapa Pilih Presiden Jokowi - KERJA KERJA KERJA - Indonesia KERJA BERSAMA - 2019 Pilih  Jokowi Saja - Jokowi Bawa Indonesia MEROKET - MEROKET Bersama Jokowi !!. Rakyat Pilih Jokowi - JOKOWI YES YANG LAIN NO - 2019 Jokowi Menang Lagi ?? - Jokowi Siap NYAPRES - Pendukung Siap menangkan Jokowi - Relawan Sosial Media Jokowi 2 Periode - 2 Periode Jokowi Tidak Ada Lawan - Calon Terbaik Indonesia Cuman Jokowi - Pilihan Tepat Hanya Jokowi !! - 2019 Jangan Lupa Coblos Jokowi - Siapapun Pasangan Jokowi Tetap Pilih Beliau !!

INGAT - JOKOWI PRESIDEN RAKYAT INDONESIA


Supported BY SUARASOSMED.COM !! Kunjungi Suarasosmed Untuk Update Informasi Terkini
https://ift.tt/2D61oue
Advertisement
 

Start typing and press Enter to search