Kementan Genjot Swasembada Bawang Putih, Berikut Ini Langkahnya - Infrastuktur Indonesia

- Kamis, April 12, 2018

Jakarta – Hingga saat ini ketergantungan Indonesia akan impor bawang putih tinggi. Dengan potensi lahan yang sesuai bawang putih sangat luas, maka Kementan menerbitkan kebijakan untuk menggenjot produksi bawang putih dengan target 2 hingga 3 tahun kedepan swasembada.

“Untuk mencapai swasembada ditargetkan tahun 2021 ya diperlukan luas tanam sekitar 65 ribu hektar dan 14 ribu hektar untuk pembibitan,” jelas Dr. Prihasto Setyanto Direktur Sayuran dan Tanaman Obat, Diretorat Jenderal Hortikultura, Kementerian Pertanian.

Lebih lanjut Prihasto mengatakan, mengacu pada Peraturan Menteri Pertanian 38 taun 2017 tentang Rekomendasi Impor Produk Hortikultura (RIPH), disebutkan bahwa impor harus diintegrasikan dengan pengembangan komoditas dalam negeri. Untuk itu diatur, pelaku usaha yang melakukan impor bawang putih wajib melakukan penanaman bawang putih di dalam negeri.

“Luas penanaman bawang putih sebesar 5 persen dari volume permohonan RIPH pertahun, dihitung berdasar produktivitas 6 ton perhektar. Penanaman paling lama satu tahun setelah RIPH terbit dan lokasi tanam diutamakan pada lahan baru. Realisasi tanam wajib dilaporkan kepada Ditjen, dengan diketahui oleh Kepala Dinas kabupaten/kota yang menangani bidang pertanian, di lokasi penanaman,” ujarnya.

Ketentuan wajib tanam 5 persen ini guna mendukung percepatan swasembada. Ini dimaksudkan agar usahanya berkelanjutan. “Importir agar sejak dini sudah bisa mengembangkan bawang putih sendiri atau bermitra dengan petani, sehingga nantinya tidak akan kesulitan mencari barang bila sudah swasembada dan impor distop,” paparnya.

Mengenai ketersediaan lahan, dirinya memastikan tidak ada kendala. Potensinya tersedia luas. “Kami bersama dinas pertanian siap mendampingi mencari lahan yang sesuai, seperti di Solok Selatan, Cianjur, Garut, Bandung, Tasikmalaya, Tegal, Temanggung, Magelang, Karanganyar, Bima, Lombok Timur, Banyuwangi, dan Minahasa,” ungkapnya.

Setelah memperoleh rencana lokasi tanam pun, lanjutnya, pihak Kementan akan membantu proses verifikasi cek lapang. Demikian pula halnya setelah tanam, pihaknya akan memberikan bantuan monitoring realisasinya.

“Terkait benih bisa membeli dari benih lokal maupun impor. Benih lokal diperoleh dari hasil panen dan melalui proses patah dormansi. Sedangkan benih impor disarankan berasal dari Taiwan, Mesir dan India yang telah diuji kesesuaiannya dan dicoba ditanam di Indonesia dan bisa berhasil tumbuh umbinya,” pungkasnya.

The post Kementan Genjot Swasembada Bawang Putih, Berikut Ini Langkahnya appeared first on IndonesiaDev.



from IndonesiaDev https://ift.tt/2GSzDdP
PRESIDEN JOKOWI - JOKOWI PRESIDENKU #JOKOWIPRESIDENKU #JOKOWIPRESIDENKU - Pilpres 2019 Siap Coblos Jokowi - Indonesia Hebat Ditangan Presiden Jokowi - Indonesia Maju Ditangan Jokowi - Jokowi Dua Periode - Gema Presiden - Info Presiden Jokowi - Ramalan Jayabaya Presiden Jokowi Dan Ahok Akan Pimpin Indonesia ?? - Siap Siap Hadapi Pilpres Jokowi Pengatur Strategi - Relawan Jokowi Siap Gaungkan Nama Presiden - Presiden Jokowi Sampai Pelosok !! - Presiden Hebat Jokowi - Presiden Jokowi Super - Presiden Jokowi For R1 - Jokowi Presidenku - Mengapa Pilih Jokowi - Jokowi Saja - Presiden Hebat Indonesia Presiden Ke 7 Indonesia Siap 2 Periode - Ditangan Jokowi Indonesia Hebat - Siapkah Kamu Pilih Jokowi ?? Mengapa Pilih Presiden Jokowi - KERJA KERJA KERJA - Indonesia KERJA BERSAMA - 2019 Pilih  Jokowi Saja - Jokowi Bawa Indonesia MEROKET - MEROKET Bersama Jokowi !!. Rakyat Pilih Jokowi - JOKOWI YES YANG LAIN NO - 2019 Jokowi Menang Lagi ?? - Jokowi Siap NYAPRES - Pendukung Siap menangkan Jokowi - Relawan Sosial Media Jokowi 2 Periode - 2 Periode Jokowi Tidak Ada Lawan - Calon Terbaik Indonesia Cuman Jokowi - Pilihan Tepat Hanya Jokowi !! - 2019 Jangan Lupa Coblos Jokowi - Siapapun Pasangan Jokowi Tetap Pilih Beliau !!

INGAT - JOKOWI PRESIDEN RAKYAT INDONESIA


Supported BY SUARASOSMED.COM !! Kunjungi Suarasosmed Untuk Update Informasi Terkini
https://ift.tt/2D61oue
Advertisement
 

Start typing and press Enter to search