Arcandra : Human Capital Terus Mencari Inovasi - Infrastuktur Indonesia

- Minggu, Maret 04, 2018

Jakarta – Manusia sebagai human capital adalah manusia yang secara aktif mengeksplor kemungkinan-kemungkinan sehingga dia menghasilkan capital dan sebagai human resources adalah manusia yang yang pasif menunggu perintah untuk menjalankan kewajibannya.

“Manusia aktif menjadikan hari ini menjadi lebih baik dari hari kemarin maka itu dinamakan sebagai human capital. Kalau kita pasif yang mau digunakan, menunggu perintah dari atasan, mengerjakan satu, dua, tiga, empat dan kalau tidak ada pekerjaan dia akan diam maka dia dinamakan sebagai resources, resources yang tersedia untuk digunakan, maka orangnya dinamakan human resources,” ujar Arcandra membuka motivasinya bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) Sekretariat Jenderal Kementerian ESDM, di Jakarat Kamis (1/3/2018).

Arcandra menambahkan, human resources umumnya menggunakan kekuatan ototnya untuk bekerja, sementara human capital tidak, human capital itu bukan pekerja pasif tapi aktif, yang terus menerus mencari cara bagaimana menghasilkan capital dua kali lipat dari yang sudah dikeluarkan.

Menempatkan manusia sebagai human resources itu paradigma merupakan lama, sedangkan paradigma yang baru itu dinamakan human capital, manusia itu adalah mahluk yang aktif yang mencari jati dirinya untuk berkembang setiap hari. Pada dasarnya filosofinya adalah hari ini harus menjadi lebih baik dari hari kemarin, ini yang dinamakan human capital.

Lembaga-lembaga riset yang berasal dari human resources umumnya tidak menghasilkan produk yang merubah peradaban manusia, sedangkan human capital mereka akan menghasilkan produk yang berasal dari ide-ide baru sehingga mampu merubah peradaban manusia seperti Google, Apple dan listrik.

Human capital memungkinkan diterapkan di mana saja termasuk di pemerintahan karena human capital tidak bergantung dengan sektor dimana sesorang bekerja, baik di sektor swasta maupun pemerintahan, yang penting value-nya. Human capital itu bisa menjadi orang yang the most valuable player. Ada value creation yang dibuat untuk organisasi.

The post Arcandra : Human Capital Terus Mencari Inovasi appeared first on IndonesiaDev.



from IndonesiaDev http://ift.tt/2I19NRR
PRESIDEN JOKOWI - JOKOWI PRESIDENKU #JOKOWIPRESIDENKU #JOKOWIPRESIDENKU - Pilpres 2019 Siap Coblos Jokowi - Indonesia Hebat Ditangan Presiden Jokowi - Indonesia Maju Ditangan Jokowi - Jokowi Dua Periode - Gema Presiden - Info Presiden Jokowi - Ramalan Jayabaya Presiden Jokowi Dan Ahok Akan Pimpin Indonesia ?? - Siap Siap Hadapi Pilpres Jokowi Pengatur Strategi - Relawan Jokowi Siap Gaungkan Nama Presiden - Presiden Jokowi Sampai Pelosok !! - Presiden Hebat Jokowi - Presiden Jokowi Super - Presiden Jokowi For R1 - Jokowi Presidenku - Mengapa Pilih Jokowi - Jokowi Saja - Presiden Hebat Indonesia Presiden Ke 7 Indonesia Siap 2 Periode - Ditangan Jokowi Indonesia Hebat - Siapkah Kamu Pilih Jokowi ?? Mengapa Pilih Presiden Jokowi - KERJA KERJA KERJA - Indonesia KERJA BERSAMA - 2019 Pilih  Jokowi Saja - Jokowi Bawa Indonesia MEROKET - MEROKET Bersama Jokowi !!. Rakyat Pilih Jokowi - JOKOWI YES YANG LAIN NO - 2019 Jokowi Menang Lagi ?? - Jokowi Siap NYAPRES - Pendukung Siap menangkan Jokowi - Relawan Sosial Media Jokowi 2 Periode - 2 Periode Jokowi Tidak Ada Lawan - Calon Terbaik Indonesia Cuman Jokowi - Pilihan Tepat Hanya Jokowi !! - 2019 Jangan Lupa Coblos Jokowi - Siapapun Pasangan Jokowi Tetap Pilih Beliau !!

INGAT - JOKOWI PRESIDEN RAKYAT INDONESIA


Supported BY SUARASOSMED.COM !! Kunjungi Suarasosmed Untuk Update Informasi Terkini
http://ift.tt/2D61oue
Advertisement
 

Start typing and press Enter to search