Apa Perbedaan Antara Mendaftarkan Domain dan Hosting Website?

- Senin, Maret 05, 2018


Bagi pengembang web, tugas seperti mendaftarkan domain dan situs web hosting sudah cukup jelas.Namun, jika Anda belum pernah membuat situs web sebelumnya, tidak memahami perbedaan antara konsep ini dapat membuat lebih sulit untuk memulai.
Ada beberapa langkah untuk menyiapkan situs WordPress yang berfungsi penuh dan membuatnya berjalan. Memahami langkah-langkah dan apa yang mereka maksud dapat membuat hidup Anda sebagai pemilik situs web lebih sederhana. Misalnya, Anda mungkin tidak tahu bahwa Anda dapat mendaftarkan domain tanpa harus membuka situs web dengannya.Anda juga dapat menemukan web hosting dan membuat situs web sepenuhnya bekerja sebelum Anda mendaftarkan domain Anda.
Pada artikel ini, kita akan membahas perbedaan antara mendaftarkan domain dan hosting situs web, dan menjelaskan bagaimana kedua aspek tersebut mempengaruhi situs Anda. Mari kita mulai!

Apa itu nama domain?

Beberapa contoh nama domain
Mendaftarkan domain itu sederhana, dan hanya membutuhkan beberapa informasi dasar dan sedikit biaya.
'Domain name' adalah istilah yang digunakan untuk merujuk ke URL seperti  a2hosting.com atauwordpress.org . Saat mengetik di domain, browser Anda mencari tahu situs yang ditugaskan dan kemudian membawa Anda ke sana.
Penting untuk dipahami bahwa nama domain itu cair.Anda dapat mendaftarkan yang baru setiap saat dan menggunakannya untuk mengganti semua URL situs Anda. Seiring dengan memungkinkan pengguna mengakses situs Anda, nama domain menawarkan beberapa manfaat lainnya, seperti:
  • Memperkuat branding Anda. Kemungkinan Anda akan menggunakan URL yang menyertakan nama situs Anda atau variasi di dalamnya, yang berarti ini adalah bagian penting dari upaya pencitraan merek Anda.
  • Membuat website Anda lebih mudah diingat. Dalam kebanyakan kasus, orang cenderung memilih URL yang lebih pendek yang lebih mudah untuk mengetik, mungkin karena mereka lebih mudah diingat.
  • Membiarkan orang tahu tentang situs Anda.Anda dapat menggunakan nama domain Anda untuk memberi tahu pengunjung tentang apa yang diharapkan dari situs Anda.
Proses pendaftaran nama domain cukup mudah.Yang harus Anda lakukan, dalam banyak kasus, mencari URL yang Anda minati dan melihat mana dari mereka yang tersedia :
Mendaftarkan nama domain baru
Jika domain yang Anda inginkan sudah terisi, Anda dapat mencoba nama yang berbeda atau menggunakan Domain Tingkat Atas yang terpisah(TLD)  (seperti .com , .org , atau .net ). Setelah Anda mendapatkan nama yang tepat untuk situs web Anda, Anda harus memberikan beberapa informasi pribadi untuk mengklaim kepemilikannya, dan tentu saja membayar domain baru Anda.
Ingatlah bahwa pendaftaran domain tidak permanen.Anda harus membayar setidaknya satu tahun di depan, dan kemudian memperbarui 'kepemilikan' Anda sesering mungkin. Anda dapat melakukannya dengan menggunakan registrar domain khusus - yang merupakan perusahaan yang berfokus pada layanan ini - atau dalam banyak kasus melalui penyedia hosting web Anda.

Apa Artinya Host Website?

Beberapa rencana A2 Hosting.
Biaya hosting bervariasi tergantung pada sumber daya yang Anda butuhkan.
Hosting sebuah website adalah konsep yang sama sekali berbeda dari mendaftarkan nama domain.Dengan hosting, Anda pada dasarnya menyewa 'ruang' di mana situs web Anda akan berada secara online. Sebagian besar web host menawarkan berbagai rencana yang bervariasi tergantung pada sumber daya yang Anda butuhkan. Secara umum, semakin populer situs Anda, semakin banyak biaya yang akan Anda dapatkan karena biaya hosting.
Perlu disebutkan bahwa tidak semua host web dibuat sama. Inilah mengapa penting untuk memilih yang bagus:
  • Ini memengaruhi kinerja situs Anda.  Pilihan host dan rencana web Anda memiliki dampak langsung pada kecepatan dan waktu operasional situs Anda.
  • Anda mendapatkan akses ke fitur yang lebih baik.  Secara umum, layanan yang lebih mahal biasanya diterjemahkan ke fitur yang lebih baik, seperti backup otomatis, scan keamanan, dan sebagainya.
  • Ini memengaruhi jumlah pengunjung yang dapat ditangani situs Anda.  Rencana shared hosting, misalnya, akan sering berjuang jika Anda mulai menerima banyak pengunjung dalam jumlah kecil.
Anda dapat mendaftar ke akun di host web, memilih rencana , dan mulai mengerjakan situs web  sebelum mendaftarkan nama domain. Dalam kebanyakan kasus, penyedia Anda akan memberi Anda tautan yang dapat Anda gunakan untuk mengakses situs Anda sementara itu, namun seringkali panjang dan berat, yang membuat mereka menjadi alternatif yang buruk untuk domain biasa. Seringkali lebih baik memiliki domain yang siap dari go-go, jadi Anda tidak berisiko kehilangan nama. Plus, pendaftaran domain cukup murah, dan proses menautkan URL dengan situs web Anda sangat mudah.

Haruskah Anda Menggunakan Perusahaan Sama untuk Pendaftaran dan Hosting Domain Anda?

Seperti yang telah kami sebutkan sebelumnya, Anda sering dapat menggunakan platform yang sama untuk meng-host situs Anda dan mendaftarkan domain Anda. Sebenarnya, ini sering hal yang cerdas untuk dilakukan karena:
  • Itu membuat pekerjaan Anda lebih mudah. Jika Anda menggunakan platform yang berbeda untuk kedua tugas ini, Anda harus melompat bolak-balik di antara mereka untuk melakukan perubahan. Ini adalah kerumitan kecil, tapi salah satu yang menyebabkan frustrasi dari waktu ke waktu.
  • Anda bisa memusatkan pengeluaran Anda.Kedua hosting situs dan mempertahankan pendaftaran domain biaya uang, dan memiliki platform yang sama membuatnya lebih mudah untuk mengelola keduanya.
  • Seringkali lebih mudah untuk menghubungkan domain dan situs web di platform yang sama.Menghubungkan domain ke situs pada platform yang berbeda bisa menjadi sedikit rumit saat pertama kali Anda melakukannya. Namun, jika Anda mendapatkan kedua layanan dari penyedia yang sama, prosesnya cenderung jauh lebih mudah.
Kelemahan utama dari penggunaan platform yang sama untuk mendaftarkan domain dan host situs web Anda adalah Anda lebih rentan dalam kasus sungsang keamanan. Hal ini bisa dihindari dengan memilih penyedia dengan catatan baik untuk kualitas dan keamanan, yang bisa menangani pendaftaran hosting dan domain dengan mudah.

Kesimpulan

Ada banyak konsep yang harus Anda kenali begitu Anda mulai mengerjakan situs web pertama Anda.Penting agar Anda memahami bagaimana mereka berhubungan satu sama lain. Misalnya, mendaftarkan domain dan hosting website adalah dua langkah kunci yang bisa terpisah, namun bisa juga dilakukan dengan menggunakan satu platform.
Mari kita rekap apa arti dua konsep tersebut dan bagaimana kaitannya:
  1. Sebuah situs web bisa ada tanpa domain denganmenggunakan setup lokal , tapi kami tidak merekomendasikan hal ini jika Anda ingin membuat proyek publik.
  2. Mendaftarkan domain hanya berarti Anda mengklaim kepemilikan URL, yang merupakan sesuatu yang dapat Anda lakukan tanpa situs web yang berfungsi.
  3. Setelah Anda memiliki situs web fungsional, Anda dapat menautkannya ke domain yang Anda miliki (atau sebaliknya).
Apakah Anda memiliki pertanyaan tentang perbedaan antara kedua konsep ini? Mari kita bicara tentang mereka di bagian komentar di bawah ini!
Kredit gambar: Foto Saham Startup .
Advertisement
 

Start typing and press Enter to search