Jumat, 09 Februari 2018

Pengamat: Jokowi Agresif Kunjungi Basis Lawan - Info Presiden Jokowi Dan Pemerintah

Foto : Agus Suparto

Presiden Joko Widodo untuk keempat kalinya berkunjung ke Sumatera Barat (Sumbar) dalam tiga tahun usia pemerintahannya. Rata-rata dalam sekali kunjungannya dia menghabiskan lebih dari satu hari di Tanah Minang itu. Kali ini Presiden berada di Sumbar sejak Rabu (7/2/2018) hingga Jumat (9/2/2018) dengan agenda cukup padat.

Di hari pertama Jokowi meninjau pembangunan embung di desa Sitiung, Dharmasraya, membagikan 700 ribu sertifikat kepada warga dan membagikan bantuan sosial non tunai Program Keluarga Harapan (PKH) tahap pertama nasional. Ke esokan harinya dia mengunjungi warga di Solok, lalu menyerahkan sertifikat tanah ke keluarga tokoh pers Djamaluddin Adinegoro di Sawahlunto, serta mengunjungi lokasi pelaksanaan program Padat Karya Tunai di Limo Kaum, Tanah Datar di tengah guyuran hujan lebat.

Di hari ketiga ini Jokowi menghadiri Puncak Peringatan Hari Pers Nasional Tahun 2018 di Danau Cimpago, Kota Padang. Sore harinya Presiden dijadwalkan meresmikan groundbreaking proyek jalan tol Padang-Sicincin. Ruas tol tersebut merupakan bagian dari proyek jalan tol Padang-Bukit Tinggi-Pekanbaru.

Ruas Padang menuju Sicincin memiliki panjang 28 km. Proyek pembangunan sudah dimulai ketika sudah adanya kesepakatan pembebasan lahan dengan warga. Sementara jalan Tol Padang-Bukittinggi-Pekanbaru total panjangnya mencapai 254,8 km. Tol tersebut merupakan bagian dari Tol Trans Sumatera yang menjadi salah satu proyek strategis nasional (PSN) sebagaimana tertuang dalam Perpres No. 58 Tahun 2017.

Direktur Eksekutif Media Survei Nasional (Median) Rico Marbun mencatat, Sumatera Barat adalah salah satu daerah yang kerap dikunjungi Jokowi selain Papua dan Jawa Barat. Dia menilai hal itu sebagai bagian dari upayanya untuk menaklukkan basis teritorial pemilih nasionalis keumatan. Sebab pada 2014 lalu, duet Jokowi-Jusuf Kalla kalah telak dari Prabowo Subianto - Hatta Rajasa. Saat itu Jokowi-JK cuma meraih 539.308 alias 23,08% suara, sedangkan Prabowo-Hatta mendapatkan 1.797.505 atau 76,92%.

"Jokowi punya kelebihan dan keyakinan bisa menaklukkan orang yang berbeda pendapat dengan dialog langsung dan kunjungan. Makanya dia terlihat sangat agresif berkunjung ke provinsi yang merupakan basis lawannya," kata Rico kepada wartawan, Jumat (9/2/2018).

Direktur Kelompok Diskusi dan Kajian Opini Publik Indonesia (Kedai Kopi), Hendri Satrio menyampaikan penilaian senada. Namun dia mengingatkan, sejatinya sebagai presiden, Jokowi juga cukup intens berkeliling ke daerah-daerah lain.

"Sebetulnya tidak hanya dua daerah ini (Sumbar dan Jabar) yang sering dikunjungi Jokowi, tapi dua daerah ini pasti ditempatkan berbeda," kata Hendri di tempat terpisah.

Menurut dia, Jokowi minimal ingin hasil Pilpres 2019 kelak mendapatkan suara signifikan di Sumbar. Sehingga dibanding provinsi lain, kunjungan ke Sumbar ini tergolong lama. Namun dia berharap kunjungan Jokowi tersebut dinilai tulus oleh warga di tanah Minang. "Sebab bila dianggap ada maunya ini malah dapat berimbas negatif bagi citra Jokowi," kata dia. [detik.com]

from Info Seputar Presiden http://ift.tt/2EQyGy7
PRESIDEN JOKOWI - JOKOWI PRESIDENKU #JOKOWIPRESIDENKU #JOKOWIPRESIDENKU - Pilpres 2019 Siap Coblos Jokowi - Indonesia Hebat Ditangan Presiden Jokowi - Indonesia Maju Ditangan Jokowi - Jokowi Dua Periode - Gema Presiden - Info Presiden Jokowi - Ramalan Jayabaya Presiden Jokowi Dan Ahok Akan Pimpin Indonesia ?? - Siap Siap Hadapi Pilpres Jokowi Pengatur Strategi - Relawan Jokowi Siap Gaungkan Nama Presiden - Presiden Jokowi Sampai Pelosok !! - Presiden Hebat Jokowi - Presiden Jokowi Super - Presiden Jokowi For R1 - Jokowi Presidenku - Mengapa Pilih Jokowi - Jokowi Saja - Presiden Hebat Indonesia Presiden Ke 7 Indonesia Siap 2 Periode - Ditangan Jokowi Indonesia Hebat - Siapkah Kamu Pilih Jokowi ?? Mengapa Pilih Presiden Jokowi - KERJA KERJA KERJA - Indonesia KERJA BERSAMA - 2019 Pilih  Jokowi Saja - Jokowi Bawa Indonesia MEROKET - MEROKET Bersama Jokowi !!. Rakyat Pilih Jokowi - JOKOWI YES YANG LAIN NO - 2019 Jokowi Menang Lagi ?? - Jokowi Siap NYAPRES - Pendukung Siap menangkan Jokowi - Relawan Sosial Media Jokowi 2 Periode - 2 Periode Jokowi Tidak Ada Lawan - Calon Terbaik Indonesia Cuman Jokowi - Pilihan Tepat Hanya Jokowi !! - 2019 Jangan Lupa Coblos Jokowi - Siapapun Pasangan Jokowi Tetap Pilih Beliau !!

INGAT - JOKOWI PRESIDEN RAKYAT INDONESIA


Supported BY SUARASOSMED.COM !! Kunjungi Suarasosmed Untuk Update Informasi Terkini
http://ift.tt/2EbKji1