Kementan: Nilai Ekspor Obat Hewan Tahun 2017 Tembus Rp. 27,674 Triliun - Infrastuktur Indonesia

- Sabtu, Februari 10, 2018

Jakarta – Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (Ditjen PKH) Kementerian Pertanian, I Ketut Diarmita mengatakan, Ditjen PKH telah mengeluarkan Surat Persetujuan Pengeluaran-Keluar (SPP-K) ekspor obat hewan senilai Rp 27,674 triliun. “Tahun 2017, angka ekspor obat hewan meningkat sebesar Rp 1,3 triliun atau 5 persen dari ekspor pada tahun 2016,” tandasnya.

Jenis obat hewan yang diekspor adalah sediaan biologik, farmasetik dan premiks. Adapun volume ekspor tahun 2017 adalah sebesar 482.897 ton, angka ini menunjukkan kenaikkan yang cukup signifikan yaitu sebesar 22.995 ton (5%) dibandingkan dengan jumlah ekspor obat hewan tahun 2016 sebesar 459.902 ton.

Kementerian Pertanian melalui Ditjen PKH berperan dalam memberikan jaminan mutu obat hewan yang akan diekspor ke luar negeri. Menurut Diarmita, Pemerintah selaku regulator tidak hanya melakukan peningkatan jumlah dari segi kuantitas saja, akan tetapi juga kualitas mutu produk dengan melakukan pengawasan obat hewan dari hulu yakni produsen obat hewan, distributor obat hewan sampai dengan ke hilir yakni para peternak selaku pengguna produk obat hewan.

Fadjar Sumping Tjatur Rasa selaku Direktur Kesehatan Hewan mengungkapkan, ekspor obat hewan sampai dengan tahun 2017 telah berhasil menembus 57 negara, yang tersebar di 4 benua yaitu Eropa, Amerika, Asia dan Afrika.

“Dalam kurun waktu satu tahun ini Pemerintah telah berhasil meningkatkan jumlah Produsen obat hewan sebanyak 3 produsen,” kata Fadjar Sumping. Ia mengungkapkan, pada tahun 2016 Indonesia mempunyai 90 produsen dan di Tahun 2017 ini naik menjadi 93 produsen obat hewan. Dari 93 perusahaan tersebut sebanyak 51 perusahaan sudah mendapatkan sertifikat CPOHB, 42 perusahaan belum mengajukan CPOHB dan 21 perusahaan dalam proses CPOHB.

“Ditjen PKH selaku regulator terus berupaya untuk meningkatkan standar penerapan Cara Pembuatan Obat Hewan yang Baik (CPOHB) kepada para produsen, sehingga kualitas mutu obat hewan yang dihasilkan sesuai dengan standar Good Manufacturing Practices (GMP) Internasional, dan mampu berdaya saing dalam perdagangan internasional,” pungkas Fadjar.

The post Kementan: Nilai Ekspor Obat Hewan Tahun 2017 Tembus Rp. 27,674 Triliun appeared first on IndonesiaDev.



from IndonesiaDev http://ift.tt/2BipvqF
PRESIDEN JOKOWI - JOKOWI PRESIDENKU #JOKOWIPRESIDENKU #JOKOWIPRESIDENKU - Pilpres 2019 Siap Coblos Jokowi - Indonesia Hebat Ditangan Presiden Jokowi - Indonesia Maju Ditangan Jokowi - Jokowi Dua Periode - Gema Presiden - Info Presiden Jokowi - Ramalan Jayabaya Presiden Jokowi Dan Ahok Akan Pimpin Indonesia ?? - Siap Siap Hadapi Pilpres Jokowi Pengatur Strategi - Relawan Jokowi Siap Gaungkan Nama Presiden - Presiden Jokowi Sampai Pelosok !! - Presiden Hebat Jokowi - Presiden Jokowi Super - Presiden Jokowi For R1 - Jokowi Presidenku - Mengapa Pilih Jokowi - Jokowi Saja - Presiden Hebat Indonesia Presiden Ke 7 Indonesia Siap 2 Periode - Ditangan Jokowi Indonesia Hebat - Siapkah Kamu Pilih Jokowi ?? Mengapa Pilih Presiden Jokowi - KERJA KERJA KERJA - Indonesia KERJA BERSAMA - 2019 Pilih  Jokowi Saja - Jokowi Bawa Indonesia MEROKET - MEROKET Bersama Jokowi !!. Rakyat Pilih Jokowi - JOKOWI YES YANG LAIN NO - 2019 Jokowi Menang Lagi ?? - Jokowi Siap NYAPRES - Pendukung Siap menangkan Jokowi - Relawan Sosial Media Jokowi 2 Periode - 2 Periode Jokowi Tidak Ada Lawan - Calon Terbaik Indonesia Cuman Jokowi - Pilihan Tepat Hanya Jokowi !! - 2019 Jangan Lupa Coblos Jokowi - Siapapun Pasangan Jokowi Tetap Pilih Beliau !!

INGAT - JOKOWI PRESIDEN RAKYAT INDONESIA


Supported BY SUARASOSMED.COM !! Kunjungi Suarasosmed Untuk Update Informasi Terkini
http://ift.tt/2D61oue
Advertisement
 

Start typing and press Enter to search